Muda dan Emosi Sifat Manusia, Gibran Punya Kebesaran Hati Meminta Maaf

Muda dan Emosi Sifat Manusia, Gibran Punya Kebesaran Hati  Meminta Maaf

JAKARTA - Muda dan emosi merupakan sifat manusia, Gibran Rakabuming Raka memiliki kebesaran hati meminta maaf. 

Gibran Rakabuming Raka calon wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 ini tampil memukau sebelum dan sesudah debat yang dilaksanakan KPU RI di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Dalam debat tersebut, apakah Gibran sombong dan ofensif di debat cawapres atau ada sisi lain yang terlewatkan? Akun tiktok @muhammad Luthfi menyoroti sikap Gibran pascadebat enggak rendah hati. Tidak hanya sekali, tapi dua kali meminta maaf dan bahkan sampai mencium tangan sebagai tanda hormat.

Dalam video tersebut, menceritakan bahwa ini bukan hanya soal etika, tetapi juga sebuah langkah gentleman yang langkah di dunia politik.

Gibran menunjukkan bahwa dibalik gaya ekspresifnya, dia punya hati besar untuk mengakui kesalahan dan belajar dari situ. 

Gaya bicaranya yang langsung dan ekspresif tipikal anak muda ternyata membawa angin segar dipanggung debat politik.

Namun, siapa sangka ekspresinya yang begitu berapi-api ternyata bisa menimbulkan salah paham. Bahkan mungkin menyinggung beberapa pihak. 

Muda dan emosi adalah sifat manusia, tetapi kebesaran hati untuk meminta maaf adalah nilai-nilai luhur budaya Indonesia yang harus dimiliki oleh pemimpin bangsa. 

Gibran menunjukkan hal ini malam itu suatu yang gagal disajikan oleh kedua capres setelah memperolok Prabowo Subianto dalam debat yang lalu.

Perilaku ini bukan hanya tentang sopan santun, tetapi juga tentang kedewasaan, emosional dan tanggung jawab moral.

Prabowo Diolok saat Debat, Adakah Momen Minta Maaf?

Nah, coba bandingkan dengan insiden saat Prabowo dik***l beberapa orang. Apakah mereka pernah meminta maaf seperti Gibran? Tidak kan? 

Ini menunjukkan bahwa Gibran Rakabuming Raka dengan semua gaya ekspresif dan semangat mudanya telah mengambil langkah lebih dewasa dan bertanggung jawab.

Keunggulan Gibran tidak hanya terletak pada sifat ekspresifnya, tetapi juga refleksnya sebagai anak muda cepat dan tanggap. 

Hal ini terbukti saat petugas KPU terjatuh, dia langsung sigab menolong. Kecepatan dan kepedulian seperti ini adalah sifat-sifat penting yang dibutuhkan seorang pemimpin. 

Jika masih ada yang meragukan ketulusan maaf dari Gibran, mungkin kita perlu memikirkan pula mengakui kesalahan meminta maaf di dunia politik yang seringkali keras tanpa ampun adalah sebuah tindakan yang harus dihargai. 

Gibran tidak hanya berdebat dengan kata-kata, tapi juga dengan tindakan yang menunjukkan ia adalah seorang yang bertanggung jawab dan punya integritas.

Postingan dari akun tiktok Muhammad Luthfi ini pun mendapat 612,6 ribu like, 41,2 ribu komentar, 56,9 ribu favorit, dan 28,6 ribu di share dan sempat viral di media sosial tiktok.

Tanggapan Netizen ke Gibran Rakabuming Raka

@Unimega: agak kaget sih Gibran berani bgtu, tapi tonton sampai habis, Gibran minta maaf juga loh. dan pas searching google memang lawannya salah jwb...

@Anak_papah🎭: 01 ngukur tanah udah nyampe 500 rb hektar.

02 konsisten visi dan misi

03. ceramah, curhat, khotbah di minggu malam 💯😂😂

@Uti Maning : namanya jg Gibran-gigih dn berani😆

samsul-semakin sulit disusul😂

@Syahrul VHT: LAMPUNG ALL IN PRABOWO - GIBRAN 02

@putri: Kalau menurut saya,gibran hanya mengajarkan pada yg senior,bagaimana memperlakukan orng dan bagaimana rasanya,krn gibran tdk mau menegurnlgsung tp ditunjukkan dgn sikapnya,toh pas acara selesai dia

@mas bro: gibran sangat menguasai panggung.

cak imin dan mahfud demam panggung😂

@SoEDja: Gibran memposisikan dirinya sama dengan keduanya... berdebat sesama calon wakil presiden... bahkan

Visi misi jelas

Pengetahuan ok

wawasan luas

dan itu tidak dimiliki lawannya

✌️✌

@adansyaff_: gara gara video ini aku sadar pilih pak prabowo

@Listy78: benar ... Tuhan baik saat anggota KPU jatuh dipanggung mas Gibran lgsg gercep bantu ... itu namanya santun .. etika baik ... 🥰

@Nailiyatul Maqshudah: mas gibran etika & adaabnya terbaik...

mas gibran berakhlaq baik..

@R  a  p.: nah kan, langsung dilantik aja gasih ini, 02 tuh udah debes banget perfek pokoknya 🔥🥰

@Nara Momang: NTT apapun tetap Prabowo Gibran karena langka dan jejak pak presiden Jokowi lanjut trussss.gas 02

@safa: sy smakin mantap utk 02 bpk Prabowo mas Gibran...❤️👍🙏

@AZZAHASSEGAF1480: BPK JOKOWI MENCETAK PUTRA_I NYA DNGAN AKHLAQ & MNJUNJUNG TINGGI NORMA" NILAI KESOPAN SANTUNAN, MASHAALLAH BARAKALLAH BPK PRESIDEN JOKOWI😇😍❤️🤍🇮🇩🥰

@mama erul,nafisa&Ahsan😘: pak Jokowi panjenengan telah berhasil mendidik anak"nya,semoga kelak anak"ku pun bisa seperti anak panjenengan punya sikap dan sifat yg pemaaf dan ramah tamah tak ada rasa dendam. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co