10 Perusahaan Indonesia yang Sedang Berkembang

10 Perusahaan Indonesia yang Sedang Berkembang

JAKARTA - Linkedln Top Startups merilis 10 perusahaan Indonesia yang sedang berkembang. Perusahaan tersebut tidak hanya bertumbuh dengan cepat dan menarik perhatian dari investor dan pencari kerja.

Mereka juga membangun solusi inovatif yang membentuk masa depan industri mereka, dilansir dari laman nusantaraterkini.co pada Rabu (25/9/2024) baik dalam menyediakan solusi integrasi untuk peternakan hingga kelas online.

Daftar 10 perusahaan ini dirancang berdasarkan data ekslusif Linkedln berdasarkan empat pilar seperti pertumbuhan jumlah karyawan, minat mencari kerja, interaksi anggota dengan perusahaan dan karyawannya serta seberapa baik kemampuan perusahaan rintisan tersebut menarik karyawan berbakat dari Linkedln Top Companies.

Agar memenuhi syarat, perusahaan harus berkantor pusat di Indonesia, sepenuhnya independen, dimiliki oleh pihak swasta, memiliki karyawan penuh waktu sebanyak 30 orang atau lebih dan berusia 5 tahun ke bawah.

10 Perusahaan Indonesia yang Sedang Berkembang

1. MySkill

Jumlah pegawai di dunia sebanyak 75 orang berkantor pusat di Jakarta dan perusahaan ini didirikan pada tahun 2021. Keahlian utama dari perusahaan ini yakni Pemikiran Desain, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah.

Jabatan pekerjaan paling umum di perusahaan ini yakni Analisis Data, Digital Marketing Spesialis, UI Designer. Fungsi pekerjaan terbesar yakni Teknologi Informasi, Pemasaran, Engineering. 

Perusahaan MySkill merupakan startup teknologi pendidikan (edtech) yang menawarkan berbagai kursus dan pelatihan bagi angkatan kerja muda di Indonesia yang ingin merintis karier, melalui layanan seperti bootcamp, e-learning dan mentoring.

2. TOMORO COFFEE

Jumlah pegawai di dunia mencapai 704 orang, berkantor di Jakarta dan perusahaan ini didirikan pada tahun 2022. Adapun keahlian utama dari perusahaan ini adalah kerja Tim, mudah beradaptasi, komunikasi.

Jabatan pekerjaan paling umum seperti Pelayanan Makanan dan Minuman, Retail Operations Manager, Shop Manager. Adapun fungsi pekerjaan terbesar seperti Operasinal, Sales, Sumber Daya Manusia.

TOMORO Coffee merupakan jaringan gerai kopi yang menjalankan bisnisnyaø dengan mengusung berbagai konsep seperti pemilihan lokasi, ekspansi, promosi, kualitas product, dan penerapan teknologi digital.

3. SawitPRO

Jumlah pegawai di dunia mencapai 85 orang berkantor pusat di Jakarta dan perusahaan ini didirkan pada tahun 2023. Keahlian utama yakni Pengembangan Android, Pengembangan Aplikasi Seluler, JavaScript.

Adapun jabatan yang paling umum adalah Back End Developer. Fungsi pekerjaan terbesar yakni Engineering, Operasional, Sumber Daya Manusia.

SawitPRO merupakan startup agri teknologi yang menghubungkan rantai pasokan antara petani, pemasok dan pabrik. Perusahaan ini mendukung keberlanjutan industri kelapa sawit melalui platform tegintegrasi, layanan agronomi, dan ecommerce untuk produk pertanian.

4. Dealls

Jumlah pegawai di dunia sebanyak 97 orang, berkantor di Jakarta dan perusahaan ini didirikan pada tahun 2020. Keahlian utama perusahaan ini yakni Pemikiran Desain, Berpikir Kritis, Pengeditan.

Jabatan pekerjaan paling umum seperti Brand Representative, Software Engineer, Business Development Specialist, Education Professional, Desainer Grafis.

Fungsi pekerjaan terbesar meliputi Engineering, Sales dan Pemasaran. 

Dealls merupakan job portal yang membantu pencari kerja, melamar dan mendapatkan pekerjaan. Platform ini menawarkan fast track screening atau jalur prioritas dan fitur 1-on-1 mentoring untuk terhubung dengan mentor-mentor di Indonesia.

5. PT Sahabat Mikro Fintek (Samir)

Jumlah pegawai di dunia mencapai 269 orang, berkantor di Jakarta dan perusahaan ini didirakan pada tahun 2019. Keahlian utama yakni Sumber Daya Manusia, Kerja Tim, dan Komunikasi.

Jabatan pekerjaan paling umum yakni Collections Spesialist. Fungsi pekerjaan terbesar seperti Akuntansi, Keuangan, SUmber Daya Manusia.

Sahabat Mikro Fintek (Samir) merupakan perusahaan fintech peer to peer lending yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Samir berfokus pada pinjaman untuk karyawan berpenghasilan UMR dan UMKM.

6. Gently

Jumlah pegawai di dunia mencapai 71 orang, berkantor di Pagedangan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2021. Keahlian utama yakni Sumber Daya Manusia (SDM), Pemasaran Digital, Pemasaran Media Sosial. 

Jabatan pekerjaan paling umum yakni Marketing Specialist. Fungsi pekerjaan terbesar adalah Pemasaran, Sales, Seni dan Desain.

Gently merupakan startup personal care yang menawarkan produk untuk bayi dan ibu, seperti baby face cream dan massage oil, melalui saluran online, took offline dan sistem reseller.

7. AGAVI

Jumlah pegawai di dunia mencapai 39 orang berkantor di Bandung. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2019. Adapun keahlian utama yakni Riset, Manajemen Waktu, Pemecahan Masalah. 

Jabatan paling umum yakni Food Service Manager, Quality Assurance Manager, Food Safety Manager. Fungsi pekerjaan terbesar yakni Operasional, Jaminan Kualitas, Riset.

AGAVI bergerak dalam bidang inovasi pengolahan hasil pertanian dan pangan. 

Perusahaan ini membantu UMKM di sektor pangan mengembangkan bisnis melalui layanan konsultasi, riset, pendampingan sertifikasi, dan pengujian produk.

8. Chickin Indonesia 

Jumlah pegawai di dunia mencapai 131 orang dan berkantor di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2020. Keahlian utamanya yakni Sumber Daya Manusia, Riset, Perencanaan Anggaran.

Jabatan paling umum adalah Quality Assurance Specialist, Spesialis Sumber Daya Manusia, Finance Specialist. Fungsi pekerjaan terbesar yakni Sumber Daya Manusia, Operasional, Jaminan Kualitas.

Chickin Indonesia menyediakan solusi terintegrasi untuk mengelola peternakan ayam dari hulu hingga hilir, mulai dari dukungan teknologi dan kemitraan hingga distribusi bagi peternak dan pelaku bisnis.

9. Bababos

Jumlah pegawai di dunia mencapai 80 orang dan berkantor di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2022 dengan keahlian utama yakni Negosiasi, Manajemen Proyek, Strategi Pemasaran.

Jabatan pekerjaan paling umum adalah Sales Consultant, Manajer Penjualan, Senior Operations Officer. Fungsi pekerjaan terbesar yakni Sales Keuangan, Operasional.

Bababos adalah platform digital yang memfasilitasi industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia untuk mengakses bahan baku berkualitas, seperti baja, logam, polimer, dan bahan kimia. 

Startup ini juga menawarkan pembayaran fleksibel dan mendigitalkan proses pengadaan untuk meningkatkan efisiensi.

10. Cetta Online Class

Jumlah pegawai di dunia 51 orang dan berkantor di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2020. Keahlian utama yakni Terjemahan, Pengeditan dan Kerja Tim.

Jabatan pekerjaan paling umum adalah Chinese Teacher, English Tutor, Social Media Manager, English Teacher. Fungsi pekerjaan terbesar adalah Pendidikan, Media dan Komunikasi, Teknologi Informasi.

Cetta Online Class menyediakan kursus bahasa asing secara online dengan kurikulum, metode, dan tutor untuk bahasa Inggris, Jepang, Korea, Prancis, Jerman, dan Mandarin. 

Platform ini juga menawarkan pelatihan bahasa, sertifikasi, serta peluang kerja sama dengan universitas dan perusahaan luar negeri. (Akb)